Saturday, December 02, 2006

Pilar-Pilar Budaya Sumbawa

Terbit : PILAR PILAR BUDAYA SUMBAWA


Judul : Pilar pilar Budaya Sumbawa
Penulis : Wahyu Sunan Kalimati
Penerbit : Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Sumbawa Barat
Cetakan pertama : Nopember 2005
Tebal : 150 halaman
Tiras : 1500 eksemplar

Dalam dunia wisata kita mengenal The Lonely Planet , yang menerbitkan buku panduan dan sering dijadikan buku rujukan bagi wisatawan dunia. Mereka menerbitkan buku saku dalam berbagai bahasa.
Kalau boleh, buku Pilar-pilar Budaya Sumbawa dapatlah nantinya dijadikan buku panduan untuk mengenal Sumbawa. Meskipun dalam bentuk yang sederhana ,Wahyu S.Kalimati memerlukan waktu sebelas tahun untuk mewujudkan buku ini.

Buku Pilar-pilar Sumbawa terbagi atas empat bab, yaitu:
1.Mancawarna –Manusia pemula penghuni Sumbawa dan gelombang suku-suku pendatang .
2.Sumbawa dalam suryakanta: pengertian suku Sumbawa, pernik pernik kebudayaan samawa, akulturasi dalam kebudayaan Sumbawa, pemurnian islam dalam renik kebudayaan.
3.Bianglala Bahasa Sumbawa: leluhur bahasa Sumbawa, bahasa samawa—dialek standar, tugas berat dan elastisitas.
4.Tahta pujangga Sumbawa:melacak satera jontal, proses kreatif pujangga, karya sastra monumental.

Tampilan buku ini cukup bagus, dicetak dengan kertas kualitas bagus dan hard cover. Dicetak sebanyak 1.500 eksemplar oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) yang baru berusia tiga tahun.
Selanjutnya PT Newmont Nusa Tenggara membantu cetak ulang sebanyak 500 eksemplar untuk dibagi secara cuma-cuma kepada karyawan PT Newmont Nusa Tenggara.

Referensi tentang Sumbawa agak kurang dibanding budaya Jawa dan Bali. Disarankan agar buku ini dicetak dengan tiras lebih banyak, dijual dengan harga tidak terlalu mahal dan dibagi secara cuma-cuma untuk perpustakaan sekolah di Sumbawa. Juga perpustakan media massa di seluruh Indonesia.
Untuk sasaran wisatawan manca negara setidaknya buku ini terbit dalam bahasa inggris.
Mudah ditemukan di toko buku di bandara udara, hotel, restoran siap saji, café, spa dan fasilitas wisata lainnya.




Biografi penulis:
Wahyu Sunan Kalimati terlahir dengan nama Raden Wahyu Wijayanto Adi Susilo Teguh Pangarso, 25 Juli 1968 di Temanggung, Jawa Tengah. Menamatkan pendidikan sampai ke jenjang sarjana (S1) pada Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di IKIP Semarang, 1991. Merintis karir sebagai Pemandu wisata (tour guide) khusus obyek wisata daerah Yogyakarta, 1989 hingga tamat kuliah. Belajar seni pedalangan di surakarta, 1992 dan memperluas pengetahuan bahasa inggris di Sydney, australia 1993. Tinggal di jakarta dan bekerja pada perusahaan asing sebagai pemandu wisata lintas pulau sumatra, jawa dan bali 1994. Bekerja pada kantor dinas pariwisata kabupaten Sumbawa 1995. Guru SLTP Negeri 2 Plampang dan semenjak 1998 menetap di Taliwang menjadi staf pengajar bidang studi Kesenian dan bahasa indonesia pada SMA Negeri 1 Taliwang, Sumbawa Barat. Menulis puisi dan artikel tentang pendidikan dan kebudayaan dipublikasikan pada media massa daerah. Aktivis beberapa organisasi kepemudaan di Sumbawa Barat.
Alamat kontak:
Wahyu Sunan Kalimati
Jl.Telaga Biru 1 ,Taliwang, Sumbawa Barat 84355
Telp 0372- 81211, HP 081 3395 14117.

No comments: